Tugas 9 Manajemen Sumberdaya - Resume tentang "Start-Up"

 

Geizka Wahyu Fahriza
05111840000062

Start-Up adalah sebuah drama Korea yang bercerita tentang perjalanan membuat start up dari nol. Pada awal cerita terdapat satu keluarga, terdiri ayah, ibu, dan 2 anak. Ayah merupakan pegawai suatu perusahaan biasa. Akan tetapi karena ada masalah di perusahaan, sang ayah ingin keluar dari perusahaan dan menjadi wirausaha. Namun Ibu atau istri dari ayah tersebut tidak kuat lagi hidup di keluarga ini. Ibu pun mengajukan cerai. Kedua anak tadi bernama Seo Dal Mi dan
Seo In Jae. Setelah cerai, Dal Mi tinggal bersama ayahnya dan In Jae tinggal bersama Ibunya.

In Jae yang tinggal bersama ibunya, pindah ke Amerika karena Ibunya menikah lagi dengan pemilik perusahaan yang kaya. In Jae hidup di kehidupan yang mewah, namun hubungan In Jae dengan ayah tirinya tidak begitu baik. Sementara itu, ayah Dal Mi meninggal dunia. Dengan ini, Dal Mi harus tinggal bersama neneknya dan putus kuliah. Dal Mi kesulitan mencari pekerjaan tetap karena tidak punya gelar. Sedangkan itu, In Jae merupakan lulusan University of Pennylvania dengan gelar Manajemen Bisnis.

Selain itu, terdapat startup yang didirikan oleh seseorang bernama Nam Do San. Seorang medalis olimpiade matematika. Startupnya berjalan di bidang AI bernama Samsan Tech. Meskipun dia sudah menghabiskan hartanya dan berjuan di perusahaannya ini. Samsan Tech masih belum bisa lolos ke Perusahaan Sand Box.

Ketiga tokoh tersebut akan berkompetisi di event Sand Box, dimana mereka akan bertemu dengan Han Jip Pyeong, seorang Investor ternama. Mereka sama - sama berkompetisi untuk mendapatkan funding dan mentor dari Sand Box. Dal Mi dan In Jae berhasil menjadi CEO startup mereka. Pada akhirnya Nam Do San dan Startupnya bergabung dengan tim Dal Mi menjadi Samsan Tech. Sementara itu In Jae membentuk start upnya sendiri yaitu Jae Corp. Kedua perusahaan bersaing, karena keduanya merupakan startup di bidang AI.
 
Pada perjalanan mereka, Jip Pyeong menjadi investor Samsan Tech. Namun karena Dal Mi masih pemula dalam menjadi CEO terjadi beberapa permasalahan. Salah satunya adalah, tidak adanya orang yang menjadi pemegang saham terbesar.
 
Pada akhirnya, Samsan Tech memenangkan event Sand Box ini dan akan menandatangani kontrak dengan perusahaan besar, 2STO. Akan tetapi, Dal Mi tidak menunggu Jip Pyeong dalam menandatangani kontrak dengan perusahaan. Karena kurangnya pengalaman Dal Mi 2STO malah mendapatkan hak akusisi terhada Samsan Tech selama 3 tahun.

Tiga tahun kemudian, mereka semua berhasil keluar dari kontrak tersebut di mana Nam Do San dan kedua temannya, bersama dengan dua kakak beradik Dal Mi dan In Jae membentuk sebuah proyek baru lagi dan memenangkan lomba Tender internasional. Cerita berakhir dengan kesuksesan mereka.

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Toko Online CRUD dengan Code Igniter

Tugas 7 PBKK - Membuat aplikasi CRUD menggunakan Code Igniter

Tugas 8 PBKK - Membuat Website Laravel