TUGAS 2 MPPL C

 SIKLUS MANAJEMEN PROYEK

Nama : Geizka Wahyu Fahriza
NRP : 05111840000062
Proyek Kapal Meratu Benoa


Initiation

Identification of the problem

Untuk melihat sistem pipa suatu kapal, kita diharuskan untuk berada dalam kapal secara langsung. Akan tetapi perizinan untuk masuk ke kapal dan melihat - lihat sangatlah rumit. Dibutuhkan aplikasi agar memudahkan pengguna untuk berjalan - jalan mengelilingi sistem pendingin kapal.

Identification of the scope

Proyek kapal Meratus Benoa merupakan aplikasi VR dengan menggunakan android dan controller. Aplikasi ini akan menunjukkan layout mesin kapal, informasi mengenai setiap bagian mesin, dan cara sistem pendingin di kapal bekerja.

Identification of  the deliverable

Deliverable pada proyek ini adalah sebuah aplikasi VR dimana pengguna dapat berkeliling kapal Meratus Benoa dan dapat menampilkan informasi tentang bagian mesin, layout mesin, dan cara sistem pendingin di kapal bekerja.

Identification of the project stakeholder

Stakeholder pada proyek ini adalah client dan pengguna aplikasi ini.

Development of a business case

  1. Pengguna dapat berkeliling di sekitar kapal
  2. Pengguna dapat membaca mengenai informasi bagian mesin
  3. Pengguna dapat membaca layout mesin

 Planning

 Timeline Project

Timeline proyek ini adalah 6 bulan. Dimana 2 bulan pertama kami mengalokasikan untuk prototyping, mengumpulkan dokumen yang akan ditunjukkan, survey ke kapal, dan pembuatan proposal.

Dokumen Workflow

Membuat kesepakatan dengan klien -> pembuatan wireframe hingga prototiping -> testing prototipe -> implementasi prototipe -> testing hasil proyek -> revisi -> serah terima proyek.

Resource

Pada proyek ini, budget yang disepakati adalah Rp. 4.500.000,-. Setiap orang disepakati untuk mendapatkan Rp 1.500.000

Antisipasi Resiko

 Resiko yang kami antisipasi adalah pengerjaan yang tenggat waktu dan masalah komunikasi dengan client.

Execution

Creation tasks and organizing workflows

Pengerjaan proyek dibagi menjadi 2 bagian, yaitu bagian pemrograman dan modelling. 2 Orang menjadi programmer, dan 1 orang bagian 3d modelling.

Explaining tasks of team members

Penjelasan bagian-bagian tugas kepada tim tentang apa saja yang perlu dikerjakan pada proyeknya.

Communicating with team members

Komunikasi dengan anggota tim dilakukan beberapa hari sekali membahas tentang progress dan koordinasi mengenai proyek. Komunikasi dilakukan dengan line dan discord.

Monitoring

Monitor pada proyek ini dilakukan setiap beberapa minggu sekali. Project manager, akan memberikan tugas baru dan mengecek bagaimana progress proyek dan memberikan laporan ke client.

Closure 

Menentukan Goal:

Goals akhir dari proyek ini adalah aplikasi vr kapal yang dapat berjalan dengan baik tanpa crash/bug termasuk semua fitur yang telah ditentukan di awal kesepakatan.


Evaluasi dari Tim Performance:

Seluruh tim mampu bekerja sama dengan baik, memenuhi tenggat waktu sesuai tugas yang ditentukan. Komunikasi tidak terlalu terhambat kecuali komunikasi dengan client. Komunikasi dengan client agak susah dikarenakan jarak sehingga tidak bisa testing secara langsung dengan client. Client juga tidak mempunyai kontroller yang bisa digunakan untuk testing.


Memastikan Semua Aspek Proyek:

Client puas dengan hasil akhir proyek. Beberapa model dari client mempunyai high vertex count jadi aplikasi tidak akan bisa berjalan pada smartphone mid-end. Sebaiknya memastikan client mempunyai uang yang cukup untuk melunasi pembayaran.

Menganalisis Proyek yang Dikerjakan:

Proyek sedang menunggu pelunasan pembayaran yaitu kurang Rp. 1.500.000.

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Toko Online CRUD dengan Code Igniter

Tugas 7 PBKK - Membuat aplikasi CRUD menggunakan Code Igniter

Tugas 8 PBKK - Membuat Website Laravel