TUGAS 2 MPPL C
SIKLUS MANAJEMEN PROYEK
NRP : 05111840000062
Initiation
Identification of the problem
Untuk melihat sistem pipa suatu kapal, kita diharuskan untuk berada dalam kapal secara langsung. Akan tetapi perizinan untuk masuk ke kapal dan melihat - lihat sangatlah rumit. Dibutuhkan aplikasi agar memudahkan pengguna untuk berjalan - jalan mengelilingi sistem pendingin kapal.
Identification of the scope
Proyek kapal Meratus Benoa merupakan aplikasi VR dengan menggunakan android dan controller. Aplikasi ini akan menunjukkan layout mesin kapal, informasi mengenai setiap bagian mesin, dan cara sistem pendingin di kapal bekerja.
Identification of the deliverable
Deliverable pada proyek ini adalah sebuah aplikasi VR dimana pengguna dapat berkeliling kapal Meratus Benoa dan dapat menampilkan informasi tentang bagian mesin, layout mesin, dan cara sistem pendingin di kapal bekerja.
Identification of the project stakeholder
Stakeholder pada proyek ini adalah client dan pengguna aplikasi ini.
Development of a business case
- Pengguna dapat berkeliling di sekitar kapal
- Pengguna dapat membaca mengenai informasi bagian mesin
- Pengguna dapat membaca layout mesin
Planning
Timeline Project
Timeline proyek ini adalah 6 bulan. Dimana 2 bulan pertama kami mengalokasikan untuk prototyping, mengumpulkan dokumen yang akan ditunjukkan, survey ke kapal, dan pembuatan proposal.
Dokumen Workflow
Membuat kesepakatan dengan klien -> pembuatan wireframe hingga prototiping -> testing prototipe -> implementasi prototipe -> testing hasil proyek -> revisi -> serah terima proyek.
Resource
Pada proyek ini, budget yang disepakati adalah Rp. 4.500.000,-. Setiap orang disepakati untuk mendapatkan Rp 1.500.000
Antisipasi Resiko
Resiko yang kami antisipasi adalah pengerjaan yang tenggat waktu dan masalah komunikasi dengan client.
Execution
Creation tasks and organizing workflows
Pengerjaan proyek dibagi menjadi 2 bagian, yaitu bagian pemrograman dan modelling. 2 Orang menjadi programmer, dan 1 orang bagian 3d modelling.
Explaining tasks of team members
Penjelasan bagian-bagian tugas kepada tim tentang apa saja yang perlu dikerjakan pada proyeknya.
Communicating with team members
Komunikasi dengan anggota tim dilakukan beberapa hari sekali membahas tentang progress dan koordinasi mengenai proyek. Komunikasi dilakukan dengan line dan discord.
Monitoring
Monitor pada proyek ini dilakukan
setiap beberapa minggu sekali. Project manager, akan memberikan tugas baru dan mengecek bagaimana progress proyek dan memberikan laporan ke client.
Closure
Menentukan Goal:
Goals akhir dari proyek ini adalah aplikasi vr kapal yang dapat berjalan dengan baik tanpa crash/bug termasuk semua fitur yang telah ditentukan di awal kesepakatan.
Evaluasi dari Tim Performance:
Seluruh tim mampu bekerja sama dengan baik, memenuhi tenggat waktu sesuai tugas yang ditentukan. Komunikasi tidak terlalu terhambat kecuali komunikasi dengan client. Komunikasi dengan client agak susah dikarenakan jarak sehingga tidak bisa testing secara langsung dengan client. Client juga tidak mempunyai kontroller yang bisa digunakan untuk testing.
Memastikan Semua Aspek Proyek:
Client puas dengan hasil akhir proyek. Beberapa model dari client mempunyai high vertex count jadi aplikasi tidak akan bisa berjalan pada smartphone mid-end. Sebaiknya memastikan client mempunyai uang yang cukup untuk melunasi pembayaran.
Menganalisis Proyek yang Dikerjakan:
Proyek sedang menunggu pelunasan pembayaran yaitu kurang Rp. 1.500.000.
Comments
Post a Comment