TUGAS 5 PBKK - MEMBUAT MOBILE APPLICATION MENGGUNAKAN XAMARIN
Geizka Wahyu Fahriza
05111840000062
PBKK A
MEMBUAT MOBILE APPLICATION MENGGUNAKAN XAMARIN
Untuk membuat aplikasi android menggunakan xamarin ikuti langkah - langkah berikut :
1. Langkah pertama adalah buat project di visual studio, pilihlah template berikut
2. Selanjutnya isi nama project dan tempat project, lalu klik Create
3. Setelah itu akan ada prompt untuk template appnya, Pilih blank template
lalu klik Create
4. Sebelum melakukan development, pertama kita harus set-up android emulator
terlebih dahulu. Untuk melakukan setup, klik tombol berikut
5. Setelah itu akan ada prompt untuk membuat default android emulator. Klik
create
6. Tunggulah proses download
7. Jika sudah, emulator dapat kita jalankan dengan tombol start
8. Jika sudah, maka akan muncul emulator seperti berikut
9. Dalam development xamarin, tidak ada xaml previewer. Oleh karena itu
untuk melihat bagaimana UI yang kita buat dari xaml itu, kita harus
tetap membiarkan emulator dan debugger berjalan. Dengan fitur hot reload
yang ada di visual studio, kita dapat mengubah xaml dan save filenya. UI
atau tampilan di emulator akan berubah sesuai perubahan di file.
Contohnya sebagai berikut :
Jika label text yang ditandai merah tersebut kita ubah jadi hello world.
Maka tampilan akan berubah jadi sebagai berikut.
10. Saya akan mengubah UI saya sesuai dengan yang saya mau. Silahkan
menggunakan kode berikut :
11. Selanjutnya kita akan menambahkan button. Silahkan ganti kode jadi
berikut
12. Untuk menambahkan event clicknya. kita bisa menambahkan property
Clicked lalu akan muncul menu seperti berikut
Silahkan klik enter maka akan terbuat event bernama Button_Clicked
seperti berikut
13. Silahkan buka MainPage.xaml.cs di tempat berikut
Kodenya akan berisi seperti berikut
14. Dalam kode tersebut kita isi kode seperti berikut :
This file contains bidirectional Unicode text that may be interpreted or compiled differently than what appears below. To review, open the file in an editor that reveals hidden Unicode characters.
Learn more about bidirectional Unicode characters
using System; | |
using System.Collections.Generic; | |
using System.ComponentModel; | |
using System.Linq; | |
using System.Text; | |
using System.Threading.Tasks; | |
using Xamarin.Forms; | |
namespace ClickerTestApp { | |
public partial class MainPage : ContentPage { | |
int count = 0; | |
public MainPage() { | |
InitializeComponent(); | |
} | |
private void Button_Clicked(object sender, EventArgs e) { | |
count++; | |
((Button)sender).Text = string.Format("Clicked {0} times", count); | |
} | |
} | |
} |
Penjelasan :
variable count akan menyimpan seberapa banyak kita menekan tombol.
variable count akan menyimpan seberapa banyak kita menekan tombol.
Fungsi Button_Clicked akan di eksekusi setiap tombol di klik sesuai dengan yang ada di .xaml tadi.
Untuk setiap click kita akan mengubah text dari pengirim eventnya (dimana disini adalah tombol kita tadi).
Untuk setiap click kita akan mengubah text dari pengirim eventnya (dimana disini adalah tombol kita tadi).
15. Jalankan aplikasinya
Comments
Post a Comment