Tugas 7 PBKK - Membuat aplikasi CRUD menggunakan Code Igniter

Geizka Wahyu Fahriza

05111840000062

PBKK A

Membuat aplikasi CRUD menggunakan Code Igniter

Deskripsi Aplikasi

Aplikasi 

1. Setting Database dan Model

Untuk database, saya menggunakan mysql. Untuk melakukan manipulasi database menggunakan dbeaver. Setelah membuat database, saya membuat table untuk setiap Project. Berikut merupakan script untuk menambahkan tablenya.

Setelah menjalankan script tersebut, saatnya mengatur /application/config/database.php

hostname diubah sesuai dengan ip server database 
username diubah sesuai dengan akun user pada mysql 
password diubah sesuai dengan password pada akun user
database diubah sesuai dengan nama database pada mysql

Setelah membuat configurasi database, buatlah sebuah file di direktori application/model. Untuk penugasan ini, saya akan membuat file Project_model.php yang berfungsi sebagai model untuk table Project.

2. Membuat Controller dan View

Selanjutnya kita membuat controller untuk Project. Pada direktori application/controllers buatlah file Projects.php. Berikut merupakan isi dari controller Projects.

Selanjutnya kita harus menyambungkan controller tersebut ke routes. Untuk melakukan ini, kita harus mengubah application/config/routes.php
Dengan ini, saat kita mengakses direktori awal, kita akan menggunakan controller Projects.
Selanjutnya saya harus membuat view dari basic CRUD. Saya menggunakan layout dari sini. Untuk menggunakan view tersebut, saya harus mengubah beberapa text dan fungsionalitas. Buatlah file Project_list.php di direktori application/views. Untuk file .css buatlah direktori css di direktori projek, sedangkan untuk file .js buatlah direktori js di direktori projek. Berikut merupakan hasilnya.




3. Jalankan Aplikasi



Comments

Popular posts from this blog

Membuat Toko Online CRUD dengan Code Igniter

Tugas 8 PBKK - Membuat Website Laravel